Selasa, 21 Februari 2012

JAPAN? ....hhmmm


                      Pertengahan January 2012 saya dan 3 sahabat saya, indra,dada,meko memutuskan utk pergi berlibur ke Jepang. Tadinya enggak pernah kepikiran utk memilih jepang sebagai tempat tujuan berlibur. Orang2 selalu ber asumsi kalau .. JAPAN=EXPENSIVE . But, not now...Dengan  adanya program tiket murah,akhirnya berangkat juga nih, turis modal pas pas an hehehehehhe.....


  Bagaimana dgn akomodasinya, makanan dll? ternyata enggak seperti yg kita kira, .. Mau murah atau mahal kita sendiri yg menentukan. . Dengan modal buku sakti   Keliling Jepang dengan 2,5 juta by Claudia Kaunang  nekad deh kita ke Jepang ...... informasi dalam bukunya sangat2 membantu bangeeeeeet..

ini dia buku sakti buat turis pas2an...hihihihhi

..

 LOST IN JAPAN? we dont think so... Pusat informasi di Jepang pun sangat membantu sekali, ada di setiap stasiun kereta dengan pegawai yg bisa berbahasa inggris, china and korea. dimana mana ada map directory yg memudahkan kita untuk mencari tempat yg di tuju. Walaupun kendala bahasa yg sangat parah, dimana hampir semua org yg kita tanyai enggak ngerti bahasa inggris, tapi mereka sangat menolong kita, dengan bahasa isyarat mereka akan membantu kita semaksimal mungkin. Mereka juga sangat ramah, dibalik sikap mereka yg terbilang kaku :). So next time kalau mau liburan, jangan ragu utk memasukan Jepang jd salah satu list tujuan berlibur!! Dibawah ini ada sedikit tips buat kalian yg niat pergi  liburan kesana:

TIKET PROMO


Browsing tiket promo Air Asia, 6 bulan atau setahun sebelumnya. How lucky we are, we get only 1,5jt JKT-Kuala Lumpur-Osaka- Kuala Lumpur-JKT.  , Biasanya normal 4-5 jt pp. Bahkan teman kami memakai jasa penerbangan lain,harus merogoh kocek 7jt pp. Jadi tiket promo 1,5jt Ditambah 20 kg bagasi : Rp.800.000,- Jadi total semuanya 2,3 jt –pp.  . Sama dengan tiket pp keBali, atau  Pekan baru kalau lg liburan sekolah…
JKT-KL  memakan waktu 1,5 jam , KL-Osaka memakan waktu 7 jam. mengingat perjalanan yg panjang, jgn lupa order meals lewat online ya, karena kita bisa memilih menu selera kita, karen a kalau order di pesawat menu nya sangat terbatas, terkadang sudah habis, atau bawa makanan sendiri saja, jauh lebih hemat :)..

7 hours  in the sky.......


VISA

Urus visa lewat tour travel jauh lebih praktis! Biaya  Visa jepang Rp. 384 000,-Selama berkas berkas kita lengkap , otomatis visa akan cepat keluarnya! Jangan sekali  kali ngurus visanya mepet dgn keberangkatan, karena bisa aja visa enggak keluar, dan batal berangkat … dan itu sering kali terjadi!



Visa Japan




TRANSPORTASI

KERETA AND SUBWAY
Transportasi di Jepang sangat mudah sekali.  Dengan jalur subway dan kereta JR,  bisa mengantar kemanapun kita pergi.  Di Tokyo, Tiket subway one day pass hanya 700 yen ( sekitar Rp. 84.000,-). Kalau di Osaka kita membeli tiket yg sekali jalan, karena  tdk seperti Tokyo, di Osaka tempat yg di tuju lebih dekat2 di banding Tokyo.  Dan jangan sekali kali menggunakan taksi…,langsung habis jatah makan 3 hari ..hi..hi..hi..hi.
Subway
Dari Kansai airport menuju pusat kota  Osaka, kita menggunakan nankai line, biayanya sekitar Rp. 120.000,- Sampai di Namba station. Kalau menggunakan airport transport service, langsung ke hotel yg dituju, 1 org dikenai biaya rp. 365.00. tetap jauh lebih murah memaka i jasa kereta, enggak ribet , walaupun bawa koper besar, kita enggak kesulitan. Di station semua fasilitas dilengkapi escalator dan lift.

Bawa koper besar pun nyaman aja naik kereta

SHIN KAN SEN
Kereta paling canggih,dengan speed yg super cepat wajib kita coba. Memang tiketnya mahal sekali, tapi kita bisa mencoba yg jarak dekatnya saja, Kyoto-Osaka di tempuh hanya 15 menit \, beli tiket yg Unreserved seat (tanpa tempat duduk) tapi biasanya sin kan sen enggak banyak yg naik, jadi dengan tiket unreserved seat, kita tetep bisa duduk. Harga tiketnya sekitar  Rp.140.000,- 

Sin Kan Sen the bullet train

Beli tiketnya  tanpa tempat duduk, berhubung kosong,ya duduk deh kita :)

BUS Dalam kota dan ANTAR KOTA
Kita memutuskan untuk pergi ke Tokyo menggunakan bus malam, selain murah bisa menghemat 1 malam uang  penginapan. Bus disana sangat nyaman sekali, setiap tempat duduk ada fasilitas untuk ngecharge hp dll. Bis tingkat double deck, kalau weekdays lebih murah hanya Rp. 400.000.- Kalau week end Rp.600.000. Book lewat internet, lebih aman dan pasti.

Di Kyoto kita menggunakan bus dalam kota, muter muter seharian hanya bayar tiket sekitar 70 ribuan.

Bus dalam kota di Kyoto

WHAT TO WEAR FOR WINTER
1.       Mengingat suhu yg -4 samapi 6 derajat celcius, Winter Coat wajib di bawa. (pastikan benar2  bisa menghangatkan badan, dan yg ada tutup kepalanya). Kalau bisa bahannya terbuat dari bahan yg anti air. (Karena kondisi Jepang yg sering hujan air maupun salju everytime). Bawa  2, karena kalau yg satu basah, kita masih ada cadangannya

2.       Sweater tebal ( enggak usah bawa banyak2 karena di cuaca dingin badan kita tidak akan berkeringat dan berbau ) jamin deh!!

3.       Long John ( Daleman seperti  bodysuit, terbuat dari bahan thermal anti dingin) bisa di beli di Indonesia, 1 set harganya  Rp.150.000
      Penutup telinga, glove, syal, topi,kaos kaki adalah perlengkapan wajib. Bisa didapatkan dengan mudah dan murah di Osaka .  Belanja di Daisho,Osaka  sekitar Rp. 15.000,- per piece. Daerah namba, dotonbouri terdapat 2,5km tempat kita buat berbelanja dgn harga yg murah


SeSepatu boots.  Di daerah Namba  (sinsaibashi,datonbouri) boots dapat di beli dengan harga yg murah meriah, jauh banget harganya sama di Jakarta. Untuk Axe boots, (boots winter) hanya Rp. 120.00,- Di Jakarta sekitar Rp. 500.000,-.ke atas.  

Boots beraneka ragam dgn harga yg murah2

 MAKANAN
Untuk berhemat, bawa lauk kering dari rumah,teri kacang, rendang , abon atau pop mie. Di bungkus rapi di masukankan koper bagasi.  Jangan lupa bawa tempat makan lengkap dgn sendok dan garpunya. Untuk nasinya kita beli nasi khas jepang, onigiri. Banyak dijual di seven eleven dll. Harganya sekitar rp.12.000,-. Pop mie di jepang harganya  16.000 per cup.
Bawa lauk sendiri +onigiri

Makanan yg  termurah di restaurant Yoshinoya, Nakau dll, berupa beefbowl. Pesen yg ukuran small aja, Rp.35.000,- sudah dapet nasi,daging yakiniku, teeh panas dan mineral water. Ada juga mie rebus atau Udon, Rp.25.000,- tapi rasanya kurang sesuai dengan lidah kita. Hati2 buat yg muslim, sebelum order harus  Tanya dulu, daging sapi, babi atau ayam. Kebanyakan kita kesulitan dgn bahasanya, 80 persen org jrpang yg kita Tanya,enggak paham bahasa inggris.  Jadi kita yg harus aktif, kalau perlu  bawa gambar, bisa lebih mudah buat mereka.
YOSHINOYA ada dimana mana

CAFÉ  buat Ngopi 2
Kalau mau duduk2 sambil ngopi2, bisa ke Croco Cro. Tempat ini lagi hits disana. Dengan Rp.35.000,- sudah dapat 1 cup coffe dengan 1 croisant coklat yg nikmat banget. Kalau starbuck harganya 2 kali lipat dari harga di Jakarta. Di sataa  kaki sudah capek dan pegel  Croco cro jd tempat kita parkir.
Mineral water bisa didapat dimana saja, air dari keranpun sangat aman diminum

CHOCO CRO harajuku, tokyo with our friend,deny from KBRI Tokyo



 Snack atau kudapan rata2 harganya Rp.10rb an. Bermacam macam merek dengan  rasa yg aneh2, tapi enak :)
yummmy........
 HOTEL


   Banyak sekali  pilihan untuk penginapan di jepang. Mau hotel, motel ,maupun tempat buat backpacker. Kalau  kita, memlih tinggal di hotel, dengan pertimbangan hawa dingin saat winter dan pingin istirahat yang nyaman, karena seharian melakukan aktifitas yg sudah pasti heboh dan melelahkan. Akhirnya kita stay di hotel bintang 2 setengah..... Kalau  winter, harganya jauh lebih murah. 1 kamar standart utk berdua sekitar 700rban. Sebenernya kalau kita berempat atau berlkima lebih murah kita sewa yg triple room, (utk 3 0rg) bisa diisi sampai 6 orang. karena tempat tidur nya besar2 dan di jepang enggak akan ketawan kalau kamar hotel kita isi lebih dari kapasitas kamar.... soalnya enggak bakalan di cek, dan keluar masuknya bebas banget.  Kita enggak tau sih kalau semudah itu, makanya kita tetep pesen kamar sesuai dgn jumlah orangnya... weww..
Kamar hotel bintang 2 setengah yg kita tempati



LOCKER


Locker tempat penyimpanan barang ada di setiap stasiun. harga sewanya per hari sekitar 30 rb sampai 70 rb tergantung space yg kita butuhkan.  jadi kita bisa menyimpan koper kita kalau kita mau pergi keluar kota, dgn barang bawa'ann yg seperlunya saja,koper kita simpan di loker.

LOCKER
 

 WHERE TO GO?

Selama 7 hari, kita pergi ke 4 kota, OSAKA, TOKYO,KYOTO,KOYASAN and NARA 




KOYASAN

DISNEY SEA TOKYO

OSAKA



NARA


KYOTO
TOKYO

2 komentar:

  1. Halo Mbak Sari Diana
    Terima kasih atas informasi catatan perjalanan yg informatif
    Mbak ada yang ingin saya tanya mengenai hotel yg mbak tinggal
    Saya ada di email sandra_indra@yahoo.com
    Terima kasih Mbak
    Salam
    Sandra

    BalasHapus
  2. Tour travel namanya apa buat urusvisa?thx

    BalasHapus