Selasa, 21 Februari 2012

COLOR GUARD TERMINOLOGY (Bahasa Indonesia)




BY DENISE JONHSON, COLORGUARD EDUCATOR

DITERJEMAHKAN OLEH : JUNET JUNIARTHA



Selama musim kompetisi, juri auxiliary akan menilai segala hal yang terjadi selama pertunjukan berlangsung. Hal-hal tersebut termasuk diantaranya vocabulary (perbendaharaan gerakan), termasuk gerak tubuh dan equipment, kostum, perlengkapan, property, penempatan pemain, pemilihan warna, dll. Jika ada pemain CG di lapangan, tetapi tidak melakukan apa-apa, juri akan lebih banyak berkomentar tentang itu. Dalam kompetisi Winter Guard, hal tersebut berubah sepenuhnya. Sebagai juri, mereka akan memerhatikan pada kategori yang lebih spesifik untuk memberikan umpan balik pada penampilan CG anda. Informasi tambahan yang lebih akurat dan detail diberikan kepada anda dan team anda ke dalam  4 area yang berbeda, yaitu: GE, ensemble, movement, dan equipment. Selanjutnya kita akan membahas beberapa istilah yang umum ditemukan pada komentar-komentar juri tentang equipment.

Initiation dan Articulation of Phrase

Initiation adalah awal dari setiap frase pergerakan equipment atau awal pergerakan gerak tubuh. Biasanya, setiap pemain memulai frase pada saat yang bersamaan, tapi kadangkala seorang atau beberapa orang pemain CG akan bergerak lebih cepat atau lebih lambat. Apabila hal tersebut terjadi terus-menerus, jelas bagi juri bahwa pemain tersebut mempunyai  masalah dengan initiation (saya tidak berbicara tentang A/ B atau gerakan split (bergantian), atau yang sudah jelas menunjukkan pemain memulai tidak pada saat yang bersamaan. Umumnya, jika initiation pada suatu frase tidak sama, maka sisa frase tersebut akan hancur juga, yang akan berdampak pada kesempurnaan penampilan CG anda. Permasalahan pada initiation sangat mudah dipecahkan melalui pembersihan frase-frase dan meyakinkan pemain CG anda untuk memahami kapan beat pada frase itu akan dimulai.
Articulation adalah bagaimana pemain menentukan dan mencapai aspek-aspek individual dari vocabulary. Hal ini menunjukkan kepada juri seberapa jauh seorang pemain memahami fundamental/ basic mereka. Contohnya: Kapankah titik lepas diartikulasikan untuk single toss atau double toss? Atau pada saat carving, bagaimana alur gerakan yg ingin dibentuk selama carving berlangsung- apakah semua pemain melakukan carving pada sudut 45° plane atau apakah semua pemain menukikkan equipment nya pada saat carving dan mengalur pada gerakan horizontal plane? Apabila teknik dasar terlewatkan, seorang juri akan membahas tentang banyaknya waktu yang terbuang dalam menentukan (atau mengartikulasikan) sebuah frase. Lagi-lagi, pembersihan dan fokus kepada bagian-bagian penting dalam frase biasanya memecahkan masalah ini.

Breath 
Apabila seorang juri menggunakan kata breath dalam komentarnya, biasanya akan mengacu pada bagaimana ‘nafas’ seorang pemain CG berkontribusi pada keseluruhan pergerakan atau alur gerakan pada penampilan. ‘Bernafas’ dengan benar dalam sebuah frase dengan rangkaian gerakannya, pemain akan terlihat lebih tenang dan percaya diri ketika tampil dan akan membuat bagian-bagian vocabulary mengalir mulus bersama-sama. Kadang para pemain terlihat menahan nafas yang akan berdampak pada kualitas pencapaian gerakan equipment dan membuat frase menjadi terkotak-kotak. Sebuah frase tanpa nafas akan terlihat kaku dan dibuat-buat yang akan memengaruhi pergerakan equipment. Contohnya: apakah CG anda menghembuskan nafasnya ketika melakukan toss (memicu lebih banyak momentum) atau apakah mereka justru menahan nafasnya (akan berdampak pada ketidakseragaman ketinggian lemparan)? Sebuah frase yang dimainkan dengan ‘nafas’ akan lebih terkontrol dan mengalur dengan baik, baik itu dimainkan secara cepat atau lambat. Mungkin akan terlihat seperti gerakan yang tanpa perhitungan, tapi pemberian nafas yang tepat adalah sebuah kunci dalam penampilan yg baik dan hal tersebut harus diajarkan dan dilatih.

Movement Through Space

Hal ini mengacu pada kesadaran pemain CG pada ruang di sekitar mereka, area tempat tubuh bergerak, dan alur yang diikuti oleh equipment. Saat pemain saling bertabrakan karena jarak antar pemain yang relatif dekat dan alat mereka bersinggungan satu sama lain, hal tersebut mengindikasikan bahwa mereka tidak menyadari ruang sekitarnya dan akan memengaruhi baik vocabulary (perbendaharaan gerakan) dan kesempurnaannya.

Range dan Variety

Range dan variety menyangkut beberapa hal yang berbeda. Ingatlah bahwa pemain seharusnya hanya melakukan apa yang telah dilatih dan apa yang bisa dicapai. Intinya, Range dan Variety adalah pergerakan equipment atau vocabulary dengan variasinya. Range bisa berarti segalanya, mulai dari single toss yang dilakukan bersamaan sampai double toss yang dilakukan oleh beberapa orang dalam satu kelompok kecil. Bisa juga berarti gerakan dari satu tangan ke tangan yang lain, toss dan tangkap dalam hitungan yang berbeda, memanipulasi equipment di bagian badan belakang atau di atas, tanpa atau dengan bantuan tangan, pola gerakan carving, dan gerakan dengan ruang multi-dimensi. Kualitas dalam melakukan gerakan dan integrasi antara tubuh dan equipment dapat menghasilkan tingkat kedalaman jarak yang lebih baik. Sementara, variety adalah cara bagaimana gerakan dirangkai sedemikian rupa , bisa juga berarti susunan frase-frase pergerakan equipment dalam sebuah program.


Dynamic Effort Quality atau Effort Changes

Hal inilah yang sering membingungkan pelatih-pelatih baru. Effort changes biasanya sering disebut sebagai ruang, waktu, gerakan yang pakem dan mengalur, dan ritme (kombinasi antara gerakan pakem dan waktu pergerakan). Effort mengubah keadaan setiap gerakan; perubahan di dalam effort ini dapat menciptakan atau meningkatkan kualitas kedinamisan gerakan.

Space: Mengacu kepada perubahan kualitas dari fokus akan ruang secara langsung ataupun tak langsung. Hal ini termasuk gerakan up and down, high, middle, low, dan in place (disekitarnya)
Time: Berhubungan dengan kecepatan pergerakan equipment atau frase. Gerakan yg lebih lambat diistilahkan sustained atau slow, sementara frase yang cepat diistilahkan quick, fast, atau velocity driven. Keberagaman pemanfaatan waktu akan menghasilkan jarak dan variasi vocabulary (perbendaharaan gerakan)
Weight: Berhubungan dengan kualitas bobot dari equipment tersebut. Yang dimaksud di sini bukan bobot/ berat sebenarnya tapi bagaimana peralatan/ equipment tersebut digerakkan dari yg ringan atau lembut menuju gerakan yang lebih kuat atau bertenaga. Hal ini dikendalikan oleh perubahan kekuatan otot lengan, genggaman tangan, perputaran sendi bahu, kelenturan pergelangan tangan, dan posisi badan.
Flow: Dikendalikan oleh breath (nafas). Breath berpengaruh pada aliran perubahan energi baik pada equipment maupun tubuh. Equipment dapat digerakkan dari “free and open” (pergerakan yang mengalur) ke “bound” (pergerakan yang statis dan kaku)
Rhythm: Adalah ketukan atau irama gerakan yang tepat untuk menciptakan dinamika melalui aksen, jeda atau alur biasa, atau irama suatu musik.

Walaupun sudah dipastikan ada komentar tambahan dari juri equipment dalam mengomentari program anda, istilah-istilah di atas adalah istilah yang sering anda dengar dan sering gunakan. Pemahaman yg benar tentang istilah-istilah ini sudah pasti membuat anda lebih siap dalam memahami apa yang dibicarakan oleh juri serta menjelaskan kepada guard anda ketika pertanyaan muncul pada saat mendengar komentar juri setelah penampilan.

       THANK to Junet yg udah bantuin terjemahin  :).....
                          Junet pelatih CG MB Udayana, work as a docent at STIBA, Denpasar, Bali

Tidak ada komentar:

Posting Komentar