Kamis, 01 Maret 2012

WHAT IS ENSEMBLE ANALYSYS ANIWAY? in Bahasa Indonesia

                                                                           
                                                                                 by Joe Paul, Colorguard educator
                                                 Diterjemahkan oleh I Wayan Juniartha SS M Hum (Junet Juniartha)
                                                         
 
Apakah Ensemble Analysis?


Apakah sebenarnya Ensemble Analysis itu? Banyak orang (pelatih-pelatih Color Guard) Menanyakan saya pertanyaan ini. Dan hal itu membuat saya tertegun. Bagi saya Semuanya sudah sangat jelas, tapi kenapa mereka masih belum mengerti? Ternyata dengan banyaknya orang yang bertanya, saya menjadi kaum  minoritas dalam hal ini.
Saya akan mencoba menjelaskan hal ini beberapa bulan ke depan., bersamaan dengan pemikiran bagaimana membuat CG anda menjadi lebih baik.
Singkatnya, Ensemble Analysis (atau Visual Analysis, atau Visual Composition dalam Marching Band) adalah penilaian sebuah desain visual dari sebuah program. Hal tersebut bukanlah mengacu tentang pertunjukannya atau emosinya (kita biarkan hal tersebut digarap oleh orang-orang GE). Seperti namanya, Ensemble Analysis adalah analisa dari sebuah desain program berdasarkan elemen-elemen dari prinsip-prinsip pendisainan.
Jika anda mengikuti kelas desain di kampus-kampus lokal di daerah anda (hal ini bukanlah sebuah ide buruk) anda akan belajar tentang bagian-bagian desain sebuah bangunan, seperti : Space (ruang), Line (garis), Shape/Form (bentuk), Direction (arah), Color (warna), Value and Texture (nilai dan tekstur), dan Principles of Design (prinsip; aturan dalam menggunakan elemen tersebut), seperti: Unity (keutuhan), Emphasis (penekanan), Balance (keseimbangan), Proportion/Scale (ukuran/ skala), Movement (pergerakan), Repetition/Rhythm/Pattern (pengulangan/ ritme/ pola), Contrast (kontras) dan Variety/Harmony (variasi/ keseragaman). Beberapa buku atau daftar mungkin menunjukkan perbedaan yg tipis, tapi umunnya hal-hal tersebut di ataslah yg anda dapatkan/ baca. (untuk mendapatkan informasi lebih banyak tentang hal ini, bisa dicari di laman “Design Basics” pdf. Istilah-istilah di atas dapat digunakan untuk menggambarkan setiap desain program yg pernah dibuat. Untuk latihan anda, temukan satu hal/ program yang telah didisain/ dirancang dengan baik dan perhatikan konsep/ elemen manakah yg lebih dominan? Elemen manakah yang peling menarik perhatian anda?
Dalam dunia Marching Band, kita mengartikan ulang Visual Design, yang pengertian harfiahnya selalu statis/ kaku baik hubungannya dengan time (waktu), physical motion (pergerakan secara fisik) dan  music (musik), Jadi, kita tidak sepenuhnya cocok dengan standarisasi istilah-istilah di atas. Untuk menyesuaikannya, kita telah membuat beberapa istilah unik, seperti “horizontal orchestration” (yang akan saya jelaskan pada artikel selanjutnya).
Seperti hal-hal lainnya, ketika anda akan benar-benar mengolahnya, desain adalah konsep yang cukup sederhana.
Saya akan memaparkan kenyataan yang (benar-benar) sederhana tentang pengertian desain itu: Adalah menemukan HUBUNGAN antara elemen-elemen yang berbeda dari sebuah komposisi dan mengatur hubungan tersebut untuk menciptakan satu kesatuan yang utuh.
Sesederhana itu.
 
Tidak perduli yg anda desain, apakah anda memulai dengan sebuah idea atau visi untuk ruang tamu atau penampilan CG atau busana. Kemudian anda akan memikirkan beberapa kombinasi yang berbeda dari elemen-elemen tersebut dan memutuskan apakah anda ,menyukai cara elemen-elemen tersebut bekerja bersama-sama atau tidak. Beberapa pertanyaan yang mungkin muncul: Apakah lukisan di atas sofa itu terlalu kecil (SCALE); Apakah warna flags cukup menonjol dari seragam pemain (CONTRAST); Warna gelap membuat lebih ramping (VALUE). Selama anda mulai mencari semua kombinasi-kombinasi yang memungkinkan, hal tersebut bisa jadi membuat anda kewalahan. Mengetahui konsep-konsep yang paling sederhana di antara semua konsep yang dipirkan, dapat membantu anda membuat pilihan yang tepat.
Jadi tujuan dari juri Ensemble Analysis adalah menginterpretasikan ide anda, menilai keunggulan ide tersebut, dan mengatakan kepada anda sebarapa sukseskah anda dlam mewujudkan ide anda di lapangan. Itulah penjelasan tentang komposisi atau APA. Kita akan membicarakan tentang BAGAIMANA di lain waktu.
Jadi, setelah anda mengetahui segala hal yang perlu diketahui tentang desain, anda dapat dikatakan sebagai seorang ahli (atau semacanya). Setiap orang mempunyai inner sense terhadap desain. Beberapa orang memang lebih pintar disbanding yang lainnya. Kabar baiknya adalah anda selalu bisa belajar lebih banyak. Baca buku, ikuti kelasnya, atau mulai memperhatikan dengan seksama terhadap segala hal yang anda lihat. Kuncinya adalah mengembangkan kemampuan anda dalam hal mengamati sesuatu. Untuk hal ini, anda bisa mengatakan menyukainya atau tidak, tapi pahami alasannya. Kenapa? Anda harus melihat lebih dalam (dan juga berbicara) untuk mengetahui hal yang membuat desain-desain tertentu berhasil atau tidak.
Dan inilah, teman-temanku, semua hal yang dimaksud dengan Ensemble Analysis.
Sampai jumpa dan selamt mendesain!


Diterjemahkan oleh I Wayan Juniartha SS., M.Hum/ Junet Juniartha

1 komentar:

  1. makasih banyak mba'dina ___ sangaat bermanfaat buat orang yang masih buta akan Ensemble Analysis (termasuk saya hehehehehe ) makasih mba'

    BalasHapus